Rabu, 07 Oktober 2015

KARYA ILMIYAH PENGEMBANGAN BAKAT SISWA










DAFTAR  ISI



DAFTAR ISI……………………………………………………………………….....1
KATA PENGANTAR...................................................................................................2
BAB   I  PENDAHULUAN
              I.a.         Latar Belakang Masalah.................................................................3
              I.b.        Tujuan.................................................................................................5
              I.c.         Hasil Yang diharapkan......................................................................5
              I.d.        Sasaran...............................................................................................5
              I.e.         Manfaat.............................................................................................5
BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN
              II.a.       Paparan Kegiatan.............................................................................6
                            II.I.a.          Tahap persiapan............................................................6
                            II.I.b.          Tahap keberangkatan...................................................7
                            II.I.c.           Pembagian Kelompok...................................................7      
                            II.I.d.          Nama Guru Pendamping dan Ketua Kelompok...........7
                            II.I.e.           Jadwal Kegiatan............................................................8
                            II.I.f.           Tahap Pelaksanaan........................................................8
                            II.I.g.     Contoh kertas  kerja yang di berikan kepada siswa.........9
                           II.I.h.    Contoh hasil  kerja yang telah di kerjakan oleh siswa..10/11
BAB III RENCANA TINDAK  LANJUT  KEGIATAN ...........................................12   
BAB IV PENUTUP
              IV.a.      Kesimpulan.......................................................................................13
              IV.b.     Saran..................................................................................................13
              IV.c.     Dokumentasi Kegiatan................................................ ....................14

 

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah Puji dan Syukur penulis haturkan  ke hadirat Allah Swt, zat yang Maha Indah dengan segala keindahan-Nya, zat yang Maha Pengasih dengan segala kasih sayang-Nya, yang terlepas dari segala sifat lemah semua makhluk-Nya. Alhamdulillah berkat Rahmat dan Hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan ini. Shalawat serta salam mahabbah semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai pembawa risalah Allah terakhir dan penyempurna seluruh risalah-Nya. Penyusunan Laporan ini merupakan salah satu upaya mengimplementasikan  segala sesuatunya tentang terlaksananya program pengembangan bakat siswa   di Madrasah Aliyah PP.Nurul Islam.
Laporan ini disusun  mengacu pada kegiatan pengembangan bakat siswa melalui praktek bahasa Inggris bertemu dengan native speakers di kota wisata Bukit Tinggi. Kegiatan pengembangan bakat siswa ini di laksanakan setiap satu tahun sekali  oleh siswa kelas xii ipa dan ips. Laporan ini memuat tentang materi kegiatan, jadwal serta hasil kegiatan.
Dengan segala kerendahan hati izinkanlah penulis  untuk menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berjasa memberikan motivasi dalam rangka menyelesaikan laporan ini. Penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh warga sekolah yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk melaksanakan kegiatan pengembangan bakat siswa, dan memberi saran dalam penyusunan laporan ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk terhadap segala upaya yang kita lakukan demi untuk peningkatan pengembanga bakat siswa yang telah dilaksanakan di kota wisata Bukit Tinggi Provinsi Sumatra Barat untuk tahun selanjutnya.





                                                                                                                                                                       Penulis




                                                                                                  Rubaida, S.Ag. MM




BAB 1
P E N D A H U L U A N
1.1.  Latar Belakang Masalah
 Madrasah Aliyah PP. Nurul Islam tempat penulis mengabdi, sebagai lembaga pendidikan  menyadari pentingnya kemampuan berbicara bahasa Inggris. Untuk itu sejak tahun  2009 sudah  melaksanakan  program pengembangan  bakat dan kemampuan siswa di dalam  pembelajaran bahasa Inggris. Program tersebut adalah melalui English club, Siswa diarahkan untuk bergabung dalam keanggotaan MASBA English club dan group online Masba Fun English Club. Sebagai pengembangan dari English club adalah English day. Dari program-program kegiatan tersebut  Ada yang berhasil, tapi ada juga yang masih mencari metode belajar  bahasa Inggris yang menarik dan sesuai rencana.
Salah satu program Kegiatan pengembangan bakat siswa di Madrasah PP. Nurul Islam sebagai kelanjutan dari English day di atas adalah kegiatan  praktek bahasa Inggris bertemu penutur asli (native speakers) di kota-kota wisata, ini  sebagai bukti realisasi kegiatan 3 tahun belajar bahasa Inggris di Madrasah dan Kegiatan English club sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Kegiatan pengembangan bakat ini berpedoman pada  standar kompetensi dan kompetensi dasar pelajaran bahasa Inggris menitik beratkan pada  empat aspek kemampuan diantaranya adalah : mendengarkan ( listening), berbicara ( speaking ), membaca ( reading ) dan   menulis ( writing) salah satu standar kompetensi belajar bahasa Inggris  adalah siswa mampu mengungkapkan makna dalam percakapan ( conversation ) transaksional  dalam konteks kehidupan  sehari hari, sedangkan kompetensi dasarnya adalah  mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional ( to get things done) dan interpersonal( bersosialisasi ) resmi dan tidak resmi secara akurat lancar dan berterima dengan  menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari hari dan melibatkan berbagai tindak tutur.  Sementara pembelajaran  bahasa Inggris yang termuat pada kurikulum KTSP di Indonesia cenderung mengarah pada bahasa tulisan (written language) bukan bahasa percakapan (spoken language). Dengan kondisi itu, output-output pendidikan tentunya hanya mengarah pada pemahaman bahasa Inggris  bukan kemampuan berbahasa Inggris. Sangat jarang ditemukan, para siswa yang mampu berbicara bahasa Inggris dengan baik hanya belajar di bangku sekolah formal. Kalaupun ada, biasanya karena mereka mendapatkan pengetahuan tersebut dengan belajar sendiri (otodidak), mengikuti kegiatan extrakrikuler English club dan kursus-kursus yang diadakan di dalam maupun di luar jam sekolah. 
Kota Bukit Tinggi sebagai salah satu kota wisata yang terletak di provinsi Sumatra Barat sering di kunjungi oleh turis manca negara untuk kegiatan wisata  atau mencari pengalaman belajar. Dari pengalaman penulis kegiatan pengembangan bakat melalui  praktek bahasa Inggris di kota Bukit Tinggi yang  pertama kali  di lakukan di sana sangat menarik minat siswa kelas x, xi dan xii  untuk belajar bahasa Inggris khususnya penekan pada belajar berbahasa yang baik dan benar. Meski dalam waktu yang singkat siswa sangat menikmati kegiatan pengembangan bakat melalui  praktek bahasa Inggris bertemu dengan penutur asli bahasa Inggris tersebut karna mereka menyadari  secara tidak langsung kemampuan mereka dalam berkomunikasi mengunakan bahasa Inggris setelah tiga tahun belajar bahasa Inggris di sekolah. Karena sangat berbeda sekali cara menerapkan percakapan yang ada di kelas dengan sesama teman asli Indonesia di bandingkan dengan native speakers yang mereka temui di kota wisata tersebut.
Ide-ide pokok  yang dituangkan dalam laporan ini didasari oleh pengalaman Penulis bersama tim dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris di Madrasah Aliyah PP. Nurul Islam. Menurut penulis, Keterbatasan dana karna madrasah swasta dan keterbatasan sarana dan prasarana yang di miliki oleh  madrasah tempat penulis mengabdi bukan menjadi hambatan untuk siswa dan guru mampu berkarya  dan berhasil mengembangkan bakat yang dimiliki oleh siswa.dan juga pengajarnya. Karna semangat juang yang kuat akan membukakan kesempatan yang luas bagi penulis dan tim  yang ikhlas menjalani tugas dan fungsi  sebagai guru. Menurut Penulis : “Guru yang hebat adalah guru yang mampu merupah siswa yang tidak pandai menjadi pandai” , sebaliknya  “guru yang merubah siswa yang sudah pandai menjadi pandai itu hal yang biasa saja”.menurut Leider dan  Shapiro: “ kemampuan yang di miliki di atas rata rata yang telah ada pada diri kita secara alamiah dan perlu di latih untuk mencapai hasil yang maksimal”. Oleh karena itu sebagai guru yang memiliki bakat dan kecerdasaan di atas rata rata harus mampu  mengali bakat yang di miliki oleh siswa. Sehingga tupoksi sebagai guru tepat sasaran.




1.2.  TUJUAN
       Tujuan penulisan laporan kegiatan pengembangan bakat ini adalah
·      untuk membantu para guru dalam mengembangkan bakat siswa
·      untuk mengasah otak kanan siswa
·      menghilangkan kejenuhan siswa
·      Mengasah keterampilan siswa yang berbakat bahasa Inggris
·      Mengembangkan bakat menjadi maksimal

1.3.  HASIL YANG DIHARAPKAN
Kegiatan  pengembangan bakat ini hendaknya dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berkomunikasi mengunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar di berbagai kesempatan ( khususnya mengerti dan mampu  berkomunikasi langsung dengan native speakers).  menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari hari dan melibatkan berbagai tindak tutur.

1.4.  SASARAN
Sasaran dilaksanakan kegiatan pengembangan bakat ini adalah:
·      Siswa kelas x sampai dengan kelas xii
·      Kepala Sekolah dan Majelis Guru
·      Semua pihak yang ikut mendukung

1.5.  MANFAAT
·      Menumbuhkan semangat  siswa belajar bahasa Inggris
·      Mengembangkan bakat siswa berbicara dalam bahasa Inggris
·      Menambah pengetahuan siswa berkomunikasi dengan native speaker
·      Menumbuhkan rasa percaya diri siswa berbicara bahasa Inggris






BAB II
 PELAKSANAAN KEGIATAN
II.I. Paparan Kegiatan
      Kegiatan pengembangan  kemampuan   praktek bahasa Inggris bertemu  native speakers dari berbagai turis manca negara di kota wisata  Bukit Tinggi  di laksanakan setiap satu tahun sekali di bulan  maret sebelum kegiatan ujian nasional di laksanakan. Kegiatan ini selain mengembangkan bakat siswa, penulis selaku pembimbing sekaligus mengambil nilai ujian praktek siswa kelas xii sebagai nilai akhir dari kegiatan praktek bahasa Inggris. Kegiatan di laksanakan melalui beberapa tahap :
II.I.1    Tahap Persiapan

                 Siswa  dibiasakan belajar bahasa Inggris dengan menemukan sendiri, misalnya materi hari ini tentang expressing sympathy sejak di kelas x mereka di biasakan bekerja dengan kelompoknya  mencari :
·       Apa yang di maksud expressing sympathy
·       Mencari ungkapan ungkapan expressing sympathy sebanyak mungkin
·       Mencari contoh dialog expressing sympathy
·      Mempresentasikan dan Mendiskusikan hasil penemuan dengan kelompok lain nya
·       Guru menyimpulkan hasil akhir materi
            Dari kegiatan tersebut di atas selama jam pelajaran bahasa Inggris siswa boleh mengunakan handphone dan mengumpulkan kembali handphone nya setelah selesai belajar, karna sekolah tempat penulis mengabdi tidak memiliki jaringan internet. Selanjutnya apapun materi - materi pelajaran  bahasa Inggris sesuai kurikulum dan silabus yang di tetapkan oleh pemerintah, Insyaallah siswa tidak lagi mendapatkan kesulitan untuk memahaminya. Siswa bisa menemukan dengan mudah semua materi yang dibutuhkan di internet mengunakan handphone. Di tambah dengan  kegiatan English club di  sore hari di laksanakan 2 kali pertemuan dalam seminggu. Kegiatan ini di laksanakan untuk menambah kemampuan siswa dalam memahami hal hal yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Dan belajar bahasa Inggris online melalui MASBA English club.

II.I.2. Tahap Keberangkatan

              Siswa di bagi dalam empat kelompok masing masing kelompok mempunyai ketua kelompok dan satu orang guru pendamping untuk dua kelompok, masing masing kelompok berangkat mengunakan mobil kapasitas 13 0rang per mobil.
            II.I.3.  Pembagian Kelompok

Kelompok 1


Kelompok 2

Kelompok 3

Kelompok 4

Andika
Anim Maspalinda
Arbainar
Delfita Ariani
Deno Saputra
Deska Nedra
Don Petra
Eko Pratama
Jeprinaldo
Reja Anggara
Reti fitri


Lili Sarmita
Maidil Hasman
Miswanto
Nuraiza
Rega Aprianturi
Restu Efendri
Rilatul Zamon
Seprida Ningsih
Sulsanti
Yeni Susmita
Zulferiyanto

Ari Irwansyah
Arif  Budiawan
Arif Farnedi
Arsi Rahman
Asri Wandi
Desni Awalia. W
Ela Yunarti
Engki Afriadi
Hawa Innisa
Heci Octavia
Hendrafika
Hendri


Indra Feri. S
Khairul. A
Khairul. R
Lia Warni
Maida Hilawati
Muhardi
Muslim
Nurlastri
Nurlastri
Rampirta
Raudhatul. J

     II.I.4. Nama Guru Pendamping dan Ketua Kelompok
Nama kelompok
Kelompok ½
Kelompok 2/3
Pendamping
Rubaida, S.Ag, MM
Elvi Yulisti, S.Pd
Ketua kelompok
Deno Saputra
Rilatul Zamon
Hendri
Khairul Rizal





    II.I.5. Jadwal Kegiatan

N0


HARI

TANGGAL

WAKTU

KEGIATAN
1
Jum’at
28  Februari  2014
18.00
Berangkat dari teluk kuantan menuju Bukit Tinggi
2
Jum’at
28  Februari  2014
24.00-04.30
Istirahat di danau Singkarak
3
Jum’at
28  Februari  2014
04.30-05.00
Lanjutkan perjalanan dan
Sholat subuh berjamah
4
Jum’at
28  Februari  2014
05.00- 07.00
Melanjutkan perjalanan

5
Sabtu
01 Maret 2014
07.00- 08.00
Mandi  dan sarapan pagi
Sampai di lokasi wisata
6
Sabtu
01 Maret 2014
08.00-18.00
Praktek bahasa Inggris di mulai
7
Sabtu
01 Maret 2014
18.00-21.00
Istirahat,makan dan sholat
8
Sabtu malam
01 Maret 2014
21.00-08.00
Pulang ke peginapan
9
Minggu
02 Maret 2014
08.00-12.00
Praktek bahasa Inggris di lanjutkan
10
Minggu
02 Maret 2014
12.00-13.00
Ishoma
11
Minggu
02 Maret 2014
13.00-16.00
Praktek Bahasa Inggris di lanjutkan
12
Minggu
02 Maret 2014
16.00-18.00
Sholat ashar berjamah dan praktek bahasa Inggris di lanjutkan
13
Minggu
02 Maret 2014
18.00-19.00
Ishoma
14
Minggu
02 Maret 2014
19.00-
Pulang ke Teluk Kuantan

     II.I.6. Tahap Pelaksanaan
                   Pengembangan kemampuan siswa praktek bahasa Inggris bertemu native speakers di tempat wisata Bukit Tinggi setiap siswa di berikan kertas kerja berupa pertanyaan tentang identitas native speakers. Siswa wajib mengisi kertas kerja tersebut minimal mampu mewawancarai lima orang native speaker di buktikan dengan video wawancara atau foto bersama native speaker. Kegiatan di laksanakan  selama dua hari di daerah wisata Bukit Tinggi.
 Contoh Kertas kerja  yang di berikan kepada siswa:

Instrumen wawancara untuk Native Speakers

1.           Full Name                           :       
2.           Sex                                      :
3.           Place, Date of Birth            :
4.           Nationality                          :
5.           Marital Status                     :
6.           Height, Weight                   :
7.           Hobbies                              :
8.           Religions                             :
9.           Address                              :
10.       Phone, Mobile                    :
11.       E-mail                                 :
12.       Father’s Name                    :
14.   Mother’s Name                   :       
15.   Language                            :
16.   Contact  Number                :
17.   Facebook                            :
19.                                               Occupation  :
20.   Education Background      :



                                                                            Bukit Tinggi, … Maret 2014

                             Student                                                                  Native Speaker

                                                   
                       (……………… )                                                    ( ………………………)


Contoh hasil kerja yang telah  kerjakan oleh siswa:


Instrumen wawancara untuk Native Speakers


1.           Full Name                           :        Edward  Jerry   Adelson
2.           Sex                                      :        Male
3.           Place, Date of Birth            :        New York,  April 21, 1967
4.           Nationality                          :        American
5.           Marital Status                     :        Married
6.           Height, Weight                   :        175 cm,65 kg
7.           Hobbies                              :        Travelling
8.           Religions                             :        Not Moslem
9.           Address                              :        43 Vassar  st  Building 46-4115
Cambrige,  MA. 02139
10.       Phone, Mobile                    :       ( 617) 253-0645
11.       E-mail                                 :       adelson@c.sail.mit.edu
12.       Father’s Name                    :       Adelson
14.   Mother’s Name                   :      Jane IIley
15.   Language                            :       English
16.   Facebook                           :       adelsonmit
19.  Occupation                      :           Staff Scientist (  MTS )
20.  Education Background        :        Ph.D. Experimental Psychology
                                                           University  of  Michigan
                                                            

                                                                        Bukit Tinggi, 1 Maret 2014

                          Student                                                                     Native Speaker

                                                   
(  Sulsanti  )                                                           ( Edward Jerry Adelson)


Contoh hasil kerja yang telah  kerjakan oleh siswa:


Instrumen wawancara untuk Native Speakers


1.           Full Name                           :        Johanneke Marie VAN DALE (Janneke)
2.           Sex                                      :        Female
3.           Place, Date of Birth            :        Dutch, March 7,1988
4.           Nationality                          :       Dutch
5.           Marital Status                     :        Single
6.           Height, Weight                   :        167 cm, 68 kg
7.           Hobbies                              :        Travelling
8.           Religions                             :        Not Moslem
9.           Address                              :        Breestraat 21
2311 AB  LEIDEN
the Netherlands                                  
10.       Phone, Mobile                    :       +31715126511
11.       E-mail                                 :        janneke@hotmail.com
12.       Father’s Name                    :        Van Dale
14.   Mother’s Name                   :        Chatty Billy
15.   Language                            :        Dutch , English, french
16.   Facebook                           :        -
19.   Occupation                        :         Employment Agency Randfiguur
20.  Education Background        :         Leiden University,M. in Eng  language

                                                                        Bukit Tinggi, 1 Maret 2014

                           Student                                                                    Native Speaker

                                                   
( Miswanto )                                                               ( Johanneke Marie )





BAB III
RENCANA KERJA TINDAK LANJUT

                        Setelah melakukan serangkaian kegiatan  tentang pengembangan kemampuan siswa dalam mempraktekan bahasa Inggris dengan native speakers, langkah selanjutnya menyusun rencana kerja tindak lanjut ( RKTL ) untuk memastikan bahwa kegiatan pengembangan bakat yang di lakukan memberikan kontribusi terhadap kemampuan siswa dalam berbicara mengunakan bahasa Inggris dan menciptakan  atmosfir baru di Madrasah Aliayah PP. Nurul Islam  kearah yang lebih baik dalam peningkatan mengunakan bahasa Inggris dalam berbagai kesempatan. Di samping itu RKTL sebagai panduan bagi penulis untuk menetapkan hal-hal pokok yang menjadi prioritas tugas dan tanggung jawab dalam menindak lanjuti terkait temuan di lapangan sekaligus sebagai upaya untuk menikatkan kapasitas serta aplikasi teori dalam situasi praktis di lapangan. Ada beberapa rencana kerja tindak lanjut yang  penting untuk dilakukan jika kegiatan ini masih berlanjut diantaranya adalah:
1.      Waktu Pelaksanaan Kegiatan
            Waktu Pelaksanaan kegiatan ini hendaknya di tambah menjadi satu minggu agar kegiatan ini bisa di selesaikan dengan maksimal.
2.      Jumlah Responden / Native Speakers
            Jumlah  responden / Native speaker yang di wawancarai bukan hanya 5 orang saja tapi minimal menjadi 10 native speakers, maksimalnya tidak terbatas.
3.      Kertas Kerja
            Selama kegiatan berlangsung siswa di berikan penambahan materi kertas kerja berupa; pembuatan Laporan kegiatan wawancara dengan kelompok kerja yang sebelumnya telah di susun oleh pembimbing.
4.      Tempat Pelaksanaan
            Tempat pelaksanan kegiatan bukan hanya di kota Bukit Tinggi tapi di kembangkan ke tempat tempat wisata lain nya baik di dalam negeri atau di luar negeri agar kegiatan ini menjadi sesuatu yang mengairahkan siswa untuk belajar bahasa Inggris.
            Demikian rencana kerja tindak lanjut yang ingin penulis lakukan dikesempatan yang akan datang semoga Allah SWT memberikan kemudahan bagi semua pihak yang memberikan dukungan untuk kegiatan pengembangan bakat siswa ini. Amin

BAB IV
P E N U T U P

IV.1. KESIMPULAN

Kegiatan  yang dilaksanakan setelah tiga tahun pelajaran membuat siswa memahami arti pentingnya mengembangkan bakat dan minat diri sendiri, Karena dengan adanya pembinaan bakat dan minat tersebut , mereka dapat berkomunikasi dengan native speakers, siswa menyadari kemampuan yang di milikinya setelah melihat dan mempraktekan langsung dengan native speakers. Kondisi ini menciptakan suasana baru dalam meningkatkan lagi kemampuan mengunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari hari. Siswa termotivasi untuk melanjutkan kuliah  ke universitas dengan tujuan mengembangkan kemampuan mengunakan  bahasa Inggris.
Siswa menyadari akan perlunya latihan yang rutin dalam kegiatan penegembangan bakat mereka , di samping masanya bagi siswa untuk bermain , mereka juga sadar akan perlunya berlatih keterampilan , bukan belajar teori tentang pengetahuan  saja sepanjang hari. Di samping siswa juga berlatih dan mengembangkan bakat mereka dalam mempraktekan bahasa Inggris , para siswa juga harus mengembangkan bakat mereka di bidang lainnya seperti olah raga volley , tenis meja, dan bulu tangkis bersama siswa , dan juga dibidang kesenian dan agama .
 Penulis menyadari masih  banyak kekurangan –kekurangan dari laporan ini baik kekurangan –kekurangan dari sistim pelaksanaannya maupun bentuk penulisan laporan ini,  untuk itu kami mohon maaf. Semoga kekurangan-kekurang tersebut dapat menjadi awal untuk lebih baik lagi dimasa yang akan datang. Demikianlah laporan ini disusun , terima kasih.

IV.2. SARAN
          Pihak sekolah hendaknya memfasilitasi  kegiatan pengembangan bakat siswa dengan tambahan jam pelajaran bahasa Inggris di luar kurikulum formal sekolah, Guru bahasa Inggris hendaknya mencari materi materi yang lebih praktis melalui berbagai sumber, guru bahasa Inggris selalu berkreatifitas mencari pola belajar yang menumbuhkan kemampuan percakapan siswa dan guru dan siswa mempunyai komitmen untuk selalu berbahasa inggris di lingkungan sekolah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar